Info Kesehatan

RSIA. SITTI KHADIJAH 1 MENGADAKAN PELATIHAN KEGAWATDARURATAN MATERNAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI BIDAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN BAYI

Kamis 2022-09-30 08:09:00

RSIA. SITTI KHADIJAH 1 MENGADAKAN PELATIHAN KEGAWATDARURATAN MATERNAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI BIDAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN BAYI

Kematian ibu dan bayi terutama terjadi pada saat persalinan dan hari pertama kehidupan. Kebijakan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang terampil seorang diri tidak dapat menjawab permasalahan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Oleh karena itu persalinan harus dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan oleh tim yang terlatih. Olehnya itu perlu dilakukan penguatan kapasitas tenaga kesehatan tersebut khususnya di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjutan melalui pelatihan yang komperehensif dan tepat sasaran.

Salah satunya adalah melalui pelatihan teknis yang disebut dengan pelatihan penanganan kegawatdaruratan maternal di Rumah Sakit sehingga tenaga kesehatan tersebut memiliki pengetahuan dan kemampuan klinis, dalam melakukan resusitasi, stabilisasi dan transportasi saat memerlukan rujukan. Kompetensi yang diharapkan dalam pelatihan ini merupakan kompetensi tim namun tetap sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Dengan dilakukan penguatan sistem pelayanan kesehatan tersebut diharapkan kepada tenaga Kesehatan di lingkungan RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar, khususnya kepada para dokter, bidan dan perawat agar mempunyai kemampuan dalam menangani kejadian kegawatdaruratan maternal guna meminimalkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir khususnya di kota Makassar.